Digital Marketing
hallo, sobat dunia kampus
Nama : Tamara Carmenita
NIM : 1706619064
Apa itu digital marketing
suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau
produk menggunakan media digital atau internet. Tujuannya adalah suatu kegiatan
pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau
internet.
Kelebihan digital marketing
Kecepatan Penyebaran Strategi
pemasaran dengan
menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam
hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan
media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi
seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat
produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.
Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat
melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat
memperbaiki untuk periode berikutnya.
Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya
yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau
produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan
internet.
Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan
pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan
efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut
menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga
menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti
lebih efektif.
Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu
Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan
brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum
membeli produk Anda.
Jenis-jenis digital marketing
Website
Website
sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen
mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam
sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine
Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri
dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih
cepat.
Social Media Marketing
Edarkan platform di
media sosial seperti Facebook dan
Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu
saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
Online Advertising
Media promosi melalui
internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan
memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
Email Marketing
Anda dapat
memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun
produk atau jasa terbaru.
Video Marketing
Dengan cara ini, Anda
dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara
menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.
Digital marketing penting untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:
·
bisa
digunakan semua jenis bisnis
·
meningkatkan
pendapatan dengan efektif
·
mampu
menjangkau target konsumen spesifik
· bisa
digunakan apapun perangkat yang digunakan dapat membantu membangun brand bisnis
Anda
Cara untuk memulai digital marketing
Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.
Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
Ketiga, Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.
Teknik pemasaran yang ada digital marketing
SEO ( Search
Engine Optimization )
SEO adalah usaha
optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam
Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah
ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.
SEM ( Search
Engine Marketing )
SEM adalah cara
meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur
semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih bingung apa
bedanya SEO dan SEM. Kami sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
Content
Marketing
Content marketing
adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten.
Tujuannya untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan
keuntungan.
PPC ( Pay
Per Click )
PPC adalah salah satu
metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser)
hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya
metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000
kali kemunculan). Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google.
Mengapa digital marketing sangat penting?
Karena alasan pertama, digital marketing dapat
memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di
dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka
tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Alasan kedua, memudahkan
komunikasi dengan konsumen dan Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani
dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan
produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Alasan
ketiga, Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita
diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital
marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal,
kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak
langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para
target pelanggan kita. Alasan keempat, Digital Marketing dapat Menghemat
Anggaran Pengeluaran Perusahaan. Hadirnya digital marketing juga membuat budget
perusahaan semakin aman dan tidak boros. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan
banyak biaya untuk print flyer, iklan-iklan cetak, membuat baliho, dan lain
sebagainya (mungkin jumlahnya dapat dikurangi). Dengan begitu, kita bisa
beralih pada digital marketing yang dapat memaksimalkan pencapaian tujuan
bisnis kita, namun dilakukan secara online sehingga lebih hemat biaya. Alasan
kelima, Digital Marketing Membantu Bisnis Kita semakin Dinamis. Kita hidup
di zaman yang penuh dengan perubahan secara cepat. Jika kita tidak mengikuti
perubahan yang yang terjadi atau tidak mau beradaptasi terhadap segala
perubahan yang ada, maka kita harus bersiap-siap untuk tertinggal dari para
kompetitor. Digital marketing akan membantu kita untuk membaca segala perubahan
yang ada melalui media online, sehingga bisnis kita bisa beradaptasi dengan
segala perubahan tersebut.
Keren! Informatif banget
BalasHapusTerima kasih informasinyaaa
BalasHapuswoow
BalasHapusMantapp
BalasHapuswaa informatif bgt
BalasHapusInfonya sangat bermanfaat
BalasHapusKeren min informatif
BalasHapusinformatif bgt!
BalasHapusthankss infonya
BalasHapusWihhh jelas bat
BalasHapus